Galeri Photo Terbaru
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik
  Visitors : 571766 visitors
  Hits : 14689 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

dodikdp@yahoo.co.id    
Agenda
18 December 2017
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6

CIRI-CIRI ORANG IKHLAS

Tanggal : 20/03/2012, dibaca 1171 kali.

“Amal perbuatan itu sebagai kerangka yang tegak, sedang ruh (jiwa) nya adalah tempat terdapatnya rahasia ikhlas (ketulusan) dalam amal perbuatan”
“Tidaklah mereka diperintah kecuali agar berbuat ikhlas kepada Allah dalam menjalankan agama”.
Oleh karenanya, sehebat apapun suatu amal bila tidak ikhlas, tidak ada apa-apanya dihadapan Allah SWT, sedang amal yang sederhana saja akan menjadi luar biasa dihadapan Allah SWT bila disertai dengan ikhlas.

Tidaklah heran seandainya shalat yang kita kerjakan belum terasa khusyu, atau hati selalu resah dan gelisah dan hidup tidak merasa nyaman dan bahagia, karena kunci dari itu semua belum kita dapatkan, yaitu sebuah keikhlasan.
Ciri-ciri dari orang yang memiliki keikhlasan diantaranya :

1. Hidupnya jarang sekali merasa kecewa,
Orang yang ikhlas dia tidak akan pernah berubah sikapnya seandainya disaat dia berbuat sesuatu kebaikan ada yang memujinya, atau tidak ada yang memuji/menilainya bahkan dicacipun hatinya tetap tenang, karena ia yakin bahwa amalnya bukanlah untuk mendapatkan penilaian sesama yang selalu berubah tetapi dia bulatkan seutuhnya hanya ingin mendapatkan penilaian yang sempurna dari Allah SWT.
2. Tidak tergantung / berharap pada makhluk
Sayyidina ’Ali pun pernah berkata, orang yang ikhlas itu jangankan untuk mendapatkan pujian, diberikan ucapan terima kasih pun dia sama sekali tidak akan pernah mengharapkannya, karena setiap kita beramal hakikatnya kita itu sedang berinteraksi dengan Allah, oleh karenanya harapan yang ada akan senantiasa tertuju kepada keridhaan Allah semata.

3. Tidak pernah membedakan antara amal besar dan amal kecil

Diriwayatkan bahwa Imam Ghazali pernah bermimpi, dan dalam mimpinya beliau mendapatkan kabar bahwa amalan yang besar yang pernah beliau lakukan diantaranya adalah disaat beliau melihat ada seekor lalat yang masuk kedalam tempat tintanya, lalu beliau angkat lalat tersebut dengan hati-hati lalu dibersihkannya dan sampai akhirnya lalat itupun bisa kembali terbang dengan sehat. Maka sekecil apapun sebuah amal apabila kita kerjakan dengan sempurna dan benar-benar tiada harapan yang muncul pada selain Allah, maka akan menjadi amal yang sangat besar dihadapan Allah SWT.

4. Banyak Amal Kebaikan Yang Rahasia

Mungkin ketika kita mengaji dilingkungan orang banyak maka kita akan mengaji dengan enaknya, lama dan penuh khidmat, ketika kita shalat berjamaah apalagi sebagai imam kita akan berusaha khusyu dan lama, tapi apakah hal tersebut akan kita lakukan dengan kadar yang sama disaat kita beramal sendirian ? apabila amal kita tetap sama bahkan cenderung lebih baik, lebih lama, lebih enak dan lebih khusyuk maka itu bisa diharapkan sebagai amalan yang ikhlas. Namun bila yang terjadi sebaliknya, ada kemungkinan amal kita belumlah ikhlas.

5. Tidak membedakan antara bendera, golongan, ras, atau organisasi

Fitrah manusia adalah ingin mendapatkan pengakuan dan penilaian dari keberadaannya dan segala aktivitasnya, namun pengakuan dan penilaian makhluk, baik perorangan, organisasi atau instansi tempat kerja itu relatif dan akan senantiasa berubah, banyak orang yang pernah dianggap sebagai pahlawan namun seiring waktu berjalan adakalanya berubah menjadi sosok penjahat yang patut diwaspadai. Maka tiada penilaian dan pengakuan yang paling baik dan yang harus senantiasa kita usahakan adalah penilaian dan pengakuan dari Allah SWT.

Begitu besar pengaruh orang yang ikhlas itu, sehingga dengan kekuatan niat ikhlasnya mampu menembus ruang dan waktu. Seperti halnya apapun yang dilakukan, diucapkan, dan diisyaratkan Rasulullah, mampu mempengaruhi kita semua walau beliau telah wafat ribuan tahun yang lalu namun kita senantiasa patuh dan taat terhadap apa yang beliau sampaikan.

Bahkan orang yang ikhlas bisa membuat iblis (syaitan) tidak bisa banyak berbuat dalam usahanya untuk menggoda orang ikhlas tersebut. Ingatlah, apapun masalah kita kita janganlah hati kita sampai pada masalah itu, cukuplah hanya ikhtiar dan pikiran saja yang sampai pada masalah tersebut, tapi hati hanya tertambat pada Allah SWt yang Maha Mengetahui akan masalah yang kita hadapi tersebut.

Semoga Allah SWT membimbing kita pada jalan-Nya sehingga kita bisa menjadi hamba-Nya yang ikhlas. Amiin.



Pengirim : godegst@yahoo.co.id
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : tnzBGo4hRJXb -  [pxoht886r0@gmail.com]  Tanggal : 14/07/2015
Shipping, or water transportation is the most <a href=\"http://yepxhvl.com\">enegry</a> efficient ways to travel or ship items. Air travel of course, is the least <a href=\"http://yepxhvl.com\">enegry</a> efficient.While it took far too long to accomplish, Maritime laws and treaties now exist between countries that prevent ships from discharging ballast water carried from one country to another, and from the open sea to a coastal Port. Now all US Ports have dumping stations where an incoming ship must discharge it\'s ballast water. This water is then treated to prevent the transfer and infestation of unwanted sea life (zebra mussels, etc.) as well as germs disease into US waters, and vice versa.The main issues are referred to as biodiversity. This of course includes the number of species of plants, animals, and microorganisms, living in the different ecosystems on the planet.At issue on one hand is preserving species and their habitats that are important, and erradication all the harmful ones. Here, you find the fishing idustry on one hand, and the conservationist on the other. Then of course, there remains the world wide pests such as the zebra mussel.Coral Reefs are neglected in some areas, and protected in others. Yet, they more than any other are the richest and most useful to the undersea environment. However, all around the world, much of the worldâs coral reefs face threats from human and activities as well as natural.Then of course there is air pollutants and crude oil.

Pengirim : ch5gC2TNI -  [uuiiomgg@outlook.com]  Tanggal : 13/07/2015
Sending congratulations from HK Although thnigs didn\'t worked out as I hoped they would, I am re-routing and continue to seek my passion and hopefully one day it will lead me back to Taiwan next year.I can\'t agree with you more on the note that people donât need charity, people just need chance. Sometimes a chance is all a person needs for them to take flight in starting something great.Wishing you all the best and hope I will be able to have the opportunity in engaging another inspiring conversation with you.Have a wonderful Merry Christmas and Happy New Year!Warmest Regards,Serena

Pengirim : toko bunga [adfasf@gmail.com]  Tanggal : 06/09/2013
info yang sangat bermanfaat sekali

Pengirim : sepatu futsa -  [adfasf@gmail.com]  Tanggal : 06/09/2013
nice info

Pengirim : timbangan [qwertynapi@gmail.com]  Tanggal : 17/07/2013
info yang bermanfaat

Pengirim : locker -  [locker@gmail.com]  Tanggal : 22/06/2013

Pengirim : brankas -  [brankas@gmail.com]  Tanggal : 22/06/2013
nice info


   Kembali ke Atas