Sat. Feb 4th, 2023
Berbagai penelitian memperlihatkan kebiasaan membaca bacaan bermutu berkontribusi terhadap tingkat kecerdasan seseorang. Membaca membantu pengembangan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan memori dan pemahaman. Dengan sering membaca, seseorang mengembangkan kemampuan untuk memproses ilmu pengetahuan, mempelajari berbagai disiplin ilmu, dan menerapkan dalam hidup.
Budaya literasi membaca bukanlah sebuah hal mudah untuk dibangun karena butuh kesadaran dan semangat untuk membawa perubahan. Literasi membaca bukanlah sekedar kegiatan membaca biasa melainkan sebuah kegiatan yang bisa membangun budaya itu sendiri.
Membangun budaya literasi membaca bisa dilakukan melalui banyak hal yang salah satunya dengan memanfaatkan jurnal kegiatan literasi dan interpretasi.
Senin, 8 Agustus 2022 Kepala SMAN 1 Kadipaten meluncurkan program JELITA (Jurnal Kegiatan Literasi dan Interpretasi) untuk menumbuhkan minat baca dan dapat mengasah pemahaman akan isi buku. Jelita merupakan cermin kompetensi dan kebiasaan berliterasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *