Fri. Dec 9th, 2022
Peningkatan sistem evaluasi pendidikan adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang juga didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo.
Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan Asesmen Nasional.
Asesmen Nasional tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
SMA Negeri 1 Kadipaten melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) utama gelombang 2 pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2022. ANBK diikuti oleh 45 peserta sampling dan 5 cadangan yang terdiri dari 21 siswa kelas XI MIPA dan 29 siswa XI IPS. Sebelum melaksanakan ANBK utama, juga telah dilaksanakan Gladi Bersih ANBK pada tanggal 24-25 agustus 2022 dan simulasi ANBK tanggal 10-11 Agustus 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *